` Pentingnya dan Tujuan Mempelajari Sirah Nabi ﷺ : Pondok Pesantren Imam Bukhari Surakarta

Pentingnya dan Tujuan Mempelajari Sirah Nabi ﷺ


الحمد لله والصّلاة والسّلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن ولاه.

Tidak diragukan lagi bahwasanya mempelajari sirah Rasulullah ﷺ merupakan bagian dari agama yang mulia ini, maka tidak mengherankan jika para ulama memiliki perhatian yang sangat besar terhadap sirah Rasulullah ﷺ  sebagaimana al-Khathib al-Baghdadi meriwayatkan dari Ali bin Husain radhiyallahu ‘anhuma bahwa ia berkata:

كنّا نعلَّم مغازي النّبي وسراياه كما نعلَّم السورة من القرآن

Dahulu kami diajarkan sejarah tentang peperangan baik yang diikuti langsung oleh Nabi ﷺ ataupun yang tidak diikuti langsung oleh beliau sebagaimana kami diajarkan surah di dalam Al-Qur’an”.

Az-Zuhri rahimahullah juga berkata:

في  علم المغازي علم الآخرة والدنيا

Di dalam sejarah peperangan Nabi ﷺ terdapat ilmu akhirat dan dunia”.

Selain dari itu, mempelajari sirah Nabi  ﷺ tidaklah sama dengan mempelajari riwayat dan perjalanan hidup tokoh manapun di dunia ini. Namun lebih dari itu mempelajari sirah Nabi ﷺ adalah mempelajari perjalanan hidup manusia terbaik yang pernah ada di muka bumi ini, seorang tokoh yang Allah perintahkan semua untuk mengikutinya. Allah berfirman:

﴿لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللهَ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ﴾

Sungguh telah terdapat bagi kalian di dalam diri Rasulullah suri tauladan yang baik” (Al-Ahzaab: 21).

Adapun tujuan mempelajari sirah Rasulullah ﷺ,  maka para ulama telah menjelaskan banyak sekali tujuan mempelajari sirah beliau, diantaranya adalah:

  1. Untuk mengetahui praktek nyata Rasulullah ﷺ  dan para shahabatnya dalam menerapkan hukum Islam yang terkandung dalam al-Qur’an dan as-Sunnah yang mencakup berbagai aspek kehidupan.
  2. Konsekuensi dari meneladani Rasulullah ﷺ  adalah mengetahui kemuliaan akhlak, keadaan, tanda-tanda kenabian, dan keistimewaan-keistimewaannya. Siapapun yang mengetahui akhlak, dan keadaannya, mencintai dan meneladaninya maka ia akan mendapatkan apa yang telah Allah janjikan dalam firman-Nya:

﴿ لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا﴾

Sungguh telah terdapat bagi kalian di dalam diri Rasulullah suri tauladan yang baik bagi siapa yang mengharapkan Allah dan hari akhir dan banyak mengingat Allah” (Al-Ahzaab: 21)

  1. Meneladani  Rasulullah ﷺ merupakan tanda kecintaan seorang hamba kepada Allah, dan dengan itu seorang hamba akan dicintai oleh Allah. Allah  berfirman:

 

﴿قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ﴾

Katakanlah wahai muhmmad: Jika kalian mencintai Allah,maka ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Ali Imran: 31).

  1. Mengetahui kondisi keimanan dan keyakinan yang telah dicapai Rasulullah ﷺ dan shahabatnya dalam meninggikan kalimat Allah, hal itu akan menjadi sarana yang tepat untuk memperkuat tekad kaum Muslimin dalam mengikuti manhaj Rasulullah ﷺ, mengokohkan mereka dalam membela agama dan kebenaran, dan mendatangkan ketenangan dalam hati.
  2. Dalam sirah nabi ﷺ  banyak terkandung nasehat, pelajaran dan hikmah yang dapat dijadikan nasehat bagi para penguasa dan rakyatnya, sehingga mereka dapat mengetahui akhir kehidupan dari orang-orang yang suka menindas dan congkak.
  3. Dalam sirah Nabi ﷺ terdapat pelajaran berharga bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama para dai, dimana pelajaran tersebut  memberikan hiburan bagi mereka dalam menghadapi berbagai ujian yang mereka hadapi.
  4. Sirah Nabi ﷺ adalah gambaran terbaik dari kehidupan seorang manusia sempurna dalam berbagai segi.
  5. Mengetahui sirah  nabi ﷺ dapat membantu seseorang untuk memahami al-Qur’an dan as-Sunnah.
  6. Seseorang yang mempelajari sirah nabi ﷺ, akan mendapatkan beragam ilmu, baik dalam akidah, syari’ah, akhlak, tafsir, hadits, politik, dakwah, pendidikan, sosial dan lainnya.
  7. Dengan mempelajari sirah seseorang dapat mengetahui fase-fase perkembangan dakwah, perjuangan Rasulullah ﷺ dan para shahabatnya, hambatan-hambatan yang merintangi usaha mereka meninggikan kalimat Allah, dan upaya mereka dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada.
  8. Mengetahui asbab an-nuzul, sebab  turunnya ayat-ayat Al-Qur’an dan korelasi berbagai hadits-hadits Rasulullah ﷺ dan atsar para shahabatnya yang hanya dapat diketahui melalui sirah Nabi ﷺ.
  9. Ilmu nasikh (yang masih berlaku) dan mansukh (yang sudah tidak diberlakukan), baik dalam al-Qur’an maupun dalam as-Sunnah, tidak akan dapat diketahui dan dipahami kecuali dengan mengetahui berbagai peristiwa yang dijelaskan dalam sirah.
  10. Beragam  mukjizat yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya tidak akan dapat dipahami dengan sempurna kecuali dengan mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi dalam sirah, memahami hal ini dapat menambah keimanan seorang Muslim.
  11. Keistimewaan-keistimewaan Rasulullah ﷺ tidak dapat diketahui kecuali dengan mempelajari sirah beliau.
  12. Dengan mengetahui riwayat-riwayat yang sahih dalam sirah – dimana hal ini merupakan tuntutan utama dalam mempelajari sirah -, seseorang dapat menjadikannya sebagai dalil dalam kajian sirah.

Disusun oleh: Khairullah, BA. (staf pengajar di Ma’had Imam Bukhari Surakarta.)


Posting terkait dengan Pentingnya dan Tujuan Mempelajari Sirah Nabi ﷺ







Hubungi bagian Sekretariat Pondok

Hubungi Kami